The Secret Of 7

Posted: 19 Januari 2012 in Umum
Tag:, , , , , , , ,

Angka 7 telah mempesona manusia sejak zaman dahulu kala. Dalam sebuah studi yang berjudul Seven : The Number Of Creation, Desmon Varley berusaha, sebagaimana dilakukan banyak sarjana lain sebelumnya, meringkas segala sesuatu di dunia nyata ini menjadi angka 7. Ada dalam sebuah buku yang di tulis pada akhir abad ke-18, menyebutkan bahwa periodisasi selalu berkaitan dengan 7, entah dalam musik, satu oktaf terdiri dari 7 not, atau dalam susunan unsur kimia.

Di Cina 7 juga di hubungkan dengan kehidupan manusia, khususnya dengan kehidupan perempuan : gadis mempunyai gigi susu pada usia 7 bulan dan tanggal pada usia 7 tahun; dalam 2×7 tahun “roda yin” membuka ketika ia mencapai masa puber , dan pada 7×7 = 49 datanglah masa menopause. Dari sudut pandang medis ,gambaran tersebut sangat tepat, dan bisa di tambahkan bahwa menstruasi secara teratur datang setiap 7 x 4 hari, dan masa suci atau subur berada lebih banyak dari 7×2 hari, ini juga sesuai dengan apa yang menjadi patokan kitab-kitab ilmu fiqh pada umumnya yang menjelaskan bahwa minimal masa suci dari menstruasi pertama adalah 15 hari. Demikian juga, kehamilan berlangsung selama 7×40 hari sejak hari pertama berhenti menstruasi. Sebelum ilmu kedokteran modern berkembang, disebutkan bahwa seorang bayi dapat bertahan hidup ketika lahir pada usia kehamilan 7 bulan, tetapi tidak pada usia delapan. Oleh karena itu, sebagaimana di tegaskan oleh Pseudo-Hippocrates (di kutip oleh Varley), “Angka 7 dengan kearifan-kearifan gaibnya cenderung membuat segala sesuatu menjadi ada. Angka 7 adalah mesin pembuat kehidupan dan sumber dari semua perubahan; fase-fase bulan berubah setiap 7 hari. Angka ini mempengaruhi benda langit.”

Di Babilonia, tanda angka 7 mempengaruhi seluruh dimensi kehidupan dan banyak sekali hal, dan konsep ini agaknya meyebar ke Mesopotamia ke peradaban-peradaban sekitarnya. Di Mesir, misalnya, dikenal adanya 7 jalan menuju surga dan 7 sapi surga, dan dengan menggandakan jumlah keduanya akan memperoleh 14 tempat di alam kematian. Dalam sebuah teks kerakyatan (demotic) kuno, Osiris menuntun ayahnya melalui 7 ruang rendah.

Dalam agama kristen ada beberapa hal yang  menjadikan 7 sebagai angka magis dan mistis, antara lain :

  1. Dalam kitab perjanjian lama penuh dengan angka 7. Pada generasi ketujuh setelah Adam, hiduplah Lamech selama 777 tahun dan harus membayar balas dendam selama 77 tahun (Kejadian 4:24).
  2. Selain 7 pengorbanan, kitab Perjanjian Lama pun menyebut 7 pencucian di Yordania (2 Raja 5:10,5:14) serta 7 kali bersin akan membangkitkan orang dari kematian (2 Raja 4:35)
  3. Kitab Perjanjian Lama (Kejadian 4:15) menyebukan bahwa pembunuh Habil akan dibalas 7 kali, tetapi dalam Perjanijian Baru (Matius 18:22) menyebut balasannya adalah 7 pengampunan sebanyak 70 kali
  4. Elaborasi Kristen lain tentang angka 7 dalam kitab Perjanjian Lama adalah 7 kata terakhir Kristus di tiang salib dan 7 bintang di tangannya
  5. Dalam kitab Yohannes (harta karun terpendam yang berupa mistisisme angka), domba kemenangan mempunyai 7 tanduk; 7 segel dibuka, dan surat-surat dikirim ke 7 gereja
  6. 7 terompet ditiup menjelang Hari Pengadilan yang mengerikan

Dalam Islam pun demikian juga mengakui pentingnya angka 7, dan juga menjadi beberapa hal penting yang harus di yakini, antara lain :

  1. Menurut Al-Qur’an, Allah menciptakan langit dan bumi dalam 7 lapis
  2. Thowaf , mengelilingi Ka’bah di Makkah selama ibadah haji, di lakukan sebanyak 7 kali putaran
  3. Berlari-lari kecil dari bukit Shofa dan Marwah yang disebut Sa’i juga di lakukan sebanyak 7 kali
  4. Pada akhir haji, di dekat Mina setan di lempar 3 kali masing-masing dengan 7 buah kerikil yang di sebut dengan lempar Jumroh.
  5. Di sebutkan dalam Al-Qur’an (QS 18:21) terdapat 7 pemuda yang tertidur di gua Kahfi, yang di kenal dengan Ashabul Kahfi, ini juga terdapat dalam sejarah Kristen awal.
  6. Kalimah حم  / Ha’ Mim yang di sebutkan dalam Al-Quran dimana tidak terdapat arti dan maknanya, juga di sebut sebanyak 7 kali, yang kemudia ada yang menginterpretasikan  sebagai Habibi Muhammad.
  7. Dalam tradisi dan seni membaca Al-Quran juga di kenal dengan Qiro’ah Sab’ah yang maksudnya adalah 7 jenis seni membaca Al-Qur’an
  8. Angka 7 sangat di gemari oleh kaum sufi. Tasawwuf memperbincangkan 7 Lathoif , dengan menelusuri Lathoif dapat mencapai tingkat-tingkat kesadaran yang lebih tinggi dan mulia selama menjalani ibadah dengan khusyuk.

Dan terakhir, ada sebuah pepatah Arab yang menyebut 7 hal yang tidak pernah bisa diraih orang sepenuhnya , yakni “roti yang di tawarkan dengan ramah, daging kambing, air dingin, bahan pakaian yang lembut, wewangian yang semerbak, tempat tidur yang nyaman, dan pemandangan yang indah. ”

Dan paling terakhir adalah penulis mengetikkan sedikit pengetahun ini sambil mencari-cari referensi juga membutuhkan waktu 7×5 menit, dan penulis juga memprediksi bahwa pembaca membutuhkan waktu minimal 7 menit untuk membaca dan sedikit memahami apa yang ada pada tulisan sederhana ini. Semoga bermanfaat dan manfaatnya juga sampai 7 turunan. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s